Friday, August 6, 2010

RADANG USUS :( penyakit apaan tuch

Dokternya mungkin nggak mau pusing-pusing jelasin , jadi dibilang aja radang usus, ternyata setelah baca2 radang usus itu macem-macem :-)


Secara anatomi mungkin harus diperjelas dulu, bahwa saluran pencernaan itu mulainya dari mulut, esofagus lalu ke lambung, lalu usus kecil, usus besar dan terakhir rektum dan anus. Soalnya kadang-kadang nggak jelas yg dimaksud sebetulnya radang di usus atau di lambung. Selain itu radang usus/lambung itu ada yang akut (kurang dari 2 minggu) ada jg yang kronis. Masing2 beda perlakuannya. Itulah kenapa jadi harus jelas dulu, lokasi dan lama sakitnya.

Kalo disebut radang usus, berarti ada infeksi di usus, entah usus kecil atau usus besar. Penyebab infeksi usus bisa macam2, bisa karena virus, bakteri, parasit.

Biasanya gejalanya memang ada diare. Penyakit typhoid juga termasuk infeksi usus yang disebabkan oleh kuman typhoid dan menyerang usus. Gejalanya selain panas biasanya jg ada diare atau konstipasi. Tapi istilah radang usus mungkin lebih sering dipake pada penyakit diare krn kuman akibat makan2an yang kurang bersih.

Kalau infeksi nya terjadi di lambung, biasanya disebut gastritis (orang sering bilang maag). Gastritis ini bisa disebabkan oleh infeksi kuman, bisa krn iritasi(makan2 pedas/jarang makan/obat2 pengiritasi lambung), bisa juga krn autoimmun. Keluhan biasanya mual, rasa tidak nyaman di lambung, cegukan, muntah dan lain-lain.


harus jaga kesehatan nich apalagi mau bulan puasa
Semoga aq segera diberi kesembuhan ya Allah...amin

2 comments:

  1. ooo.....jadi gitu, mba Icha :)
    heheheee...

    ReplyDelete
  2. hahahaha...begono felix
    jgn sampe ngerasain dech cukup denger ceritanya aja

    ReplyDelete